Menyatukan Indonesia melalui Jembatan

Januari 14, 2013 / BY gadabinausaha
 Rencana besar yang tersirat dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), 2011-2024. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan disatukan secara fisik lewat jembatan yang menghubungkan Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, salah satu pulau di Maluku, dan Papua. Yang jelas sudah tersurat dalam MP3EI adalah jembatan Selat Sunda, jembatan yang menghubungkan Jawa- Sumatera. Jembatan sepanjang 45 km ini mulai dibangun 2014 dan ditargetkan...

Continue Reading

PROSES PENGOLAHAN KARET CRUMB RUBBER

Januari 02, 2013 / BY gadabinausaha
PENGOLAHAN KARET CRUMB RUBBER Sekilas tentang tanaman karet Tanaman karet berasal dari bahasa latin yang bernama Hevea braziliensis. Tanaman karet mula-mula ditemukan di lembah-lembah sungai Amazone (Brazil). Ketika Christophel Columbus menemukan benua Amerika pada tahun 1476, dia tercengang melihat penduduk setempat (suku Indian) bermain bola dengan menggunakan suatu bahan yang dapat memantul bila dijatuhkan ke tanah. Bola tersebut terbuat dari campuran akar, kayu,...

Continue Reading

Rubber Fender

Desember 27, 2012 / BY gadabinausaha
Rubber Fender Prinsip utama dari rubber fender adalah melindungi dermaga dan lambung kapal saat kapal berlabuh,kekuatan energi kapal saat berlabuh memungkinkan kerusakan pada sisi dermaga maupun lambung kapal oleh karena itu hentakan dari kapal diserap oleh rubber fender. Pemilihan jenis rubber fender : Berbagai faktor mempengaruhi pilihan yang tepat dari sistem fender antara lain  lingkungan dermaga,paparan cekungan pelabuhan, kelas dan konfigurasi kapal, kecepatan...

Continue Reading

Struktur Jembatan

Desember 22, 2012 / BY gadabinausaha
Struktur JembatanJembatan adalah suatu konstruksi yang berfungsi untuk melewatkan lalu lintas yang terputus pada kedua ujungnya akibat adanya hambatan berupa: sungai / lintasan air, lembah, jalan / jalan kereta api yang menyilang dibawahnya. Struktur bawah jembatan adalah pondasi. Suatu sistem pondasi harus dihitung untuk menjamin keamanan, kestabilan bangunan diatasnya, tidak boleh terjadi penurunan sebagian atau seluruhnya melebihi batas-batas yang diijinkan. 5 Prinsip Pemilihan Konstruksi Jembatan...

Continue Reading

Elastomeric Bearing Pads

Desember 18, 2012 / BY gadabinausaha
Gada Bina Usaha can produce Elastomeric Rubber Bridge Bearings in accordance with all of the following international standards: Indonesia  SNI 03-3967-2008, and American AASHTO M 251 – 04 BRIDGE / BEARINGS Elastomeric Rubber Bearings Pads are designed to transmit theload of the superstructure to the substructure, while allowing specificmovements and rotation of the superstructure caused by wind or seismiceffects, temperature variations, deck deflections, sinking of any of thesupports, elastic shortening due...

Continue Reading

Spesifikasi Pilar dan Kepala Jembatan Sederhana Bentang 5 m sampai dengan 25 mm dengan Pondasi Tiang Pancang (SNI 2451-2008)

Oktober 30, 2012 / BY gadabinausaha
1 Ruang lingkup Standar ini meliputi bentuk, dimensi serta persyaratan mutu bahan konstruksi pilar dan kepala jembatan sederhana dengan bentang 10 m sampai dengan 25 m untuk jembatan kelas A, dengan lebar lajur 2 x 3.5 m dan lebar trotoar 1.0 meter kanan-kiri. 2 Acuan normatif RSNI T-14-2004, Perencanaan struktur beton untuk jembatan SNI 03-1725-1989, Tata cara perencanaan pembebanan jembatan jalan raya SNI 03-2833-1992, Tata...

Continue Reading

Rubber Fender, Karet Fender

Oktober 21, 2012 / BY gadabinausaha
Rubber Fender Rubber Fender ( Fender Karet, Rubber Bumper, Fender Dermaga, Fender Kapal) adalah Produk barang jadi yang digunakan untuk mencegah benturan langsung antara kapal dengan dinding dermaga yang dapat mengakibatkan kerusakan , baik pada sisi kapal yang langsung bersandar maupun sisi dermaga yang menahan badan kapal.penggunaan lainnya pada struktur dimana perlindungan akan hentakan dan benturan diperlukan seperti, ware house ( gudang) dsb.sesuai dengan...

Continue Reading