facebook twitter instagram pinterest bloglovin Email

Elastomer Jembatan | Karet Elastomer | Elastomeric Bearing Pad | Bantalan Jembatan 081233069330

Elastomer Jembatan, Karet Elastomer, Konstruksi Jembatan, SNI-03-3967-2008, Karet Bantalan Jembatan, Elastomeric Bearing Pads, Neoprene Bearing Pad,Karet Dilatasi,Expantion Joint

Bantalan Karet Tahan Gempa (Seismic Rubber Bearing Pads)

Penggunaaan Seismic Rubber Bearing Pad Bantalan karet alam untuk melindungi bangunan terhadap gempa bumi, yang dikenal sebagi base isolation tampaknya akan semakin luas dan berkembang dimasa mendatang. Indonesia sebagai salah satu negara yang rawan gempa diperlu teknologi pembuatan bantalan tahan gempa.
Balai Penelitian Teknologi karet Bogor sebagai Balai Penelitian mempunyai teknologi pembuatan bantalan tahan gempa yang digunakan untuk rumah tinggal maupun maupun gedung bertingkat. Bantalan yang digunakan untuk melindungi gempa bumi dibuat dari kombinasi lempengan karet alam dan lempeng baja. Bantalan tersebut dipasang disetiap kolom yaitu diantara pondasi dan bangunan. Karet alam berfungsi untuk mengurangi getaran akibat gempa bumi sedangkan lempeng baja digunakan untuk menambah kekakuan bantalan karet sehingga penurunan bangunan saat bertumpu diatas bantalan karet tidak besar.
Prinsip Kerja
Pengaruh gempa bumi yang sangat merusak struktur bangunan adalah komponen getaran karet horizontal. Getaran tersebut dapat menimbulkan gaya reaksi yang besar, bahkan pada puncak bangunan dapat berlipat hingga mendekati dua kalinya. Oleh sebab itu apabila gaya yang sampai pada bangunan tersebut lebih besar dari kekuatan struktur maka bangunan tersebut akan rusak. Gaya reaksi yang sampai bangunan dapat dikurangi melalui penggunaan bantalan karet tahan gempa. Pada dasarnya cara perlindungan bangunan oleh bantalan karet tahan gempa dicapai melalui pengurangan getaran gempa bumi kearah horizontal dan memungkinkan bangunan untuk begerak bebas saat berlangusung gempa bumi tanpa tertahan oleh pondasi. Bantalan karet alam tersebut dapat mengurangi daya reaksi hingga 70%, karena secara alami karet alam memiliki sifat fleksibilitas dan menyerap energi .


Hasil Uji sifat fisik dari Bantalan Karet Tahan Gempa BPTK Bogor
Properties
Karet Bantalan

a
b
Hardness, Shore A
63
66
Tensile strenght, kg/cm2
242
262
Modulus 100%, kg/cm2
32
36
Modulus 300%, kg/cm2
132
129
Elongation at Break, %
500
510
Tear strenght, kN/m
71.8
Compression set 25%, at 70 ° C, 22 hrs, %
20.81
Ozone resistance 25 pphm, 20% strain, at 40 ° C,
72 hrs
No Cracks
Keterangan :
a = Uji Langsung
b = Uji setelah pengusangan pada 70 ° C, 168 jam
Bangunan tanpa bantalan karet
Bangunan dengan bantalan karet
Uji tekan geser
Uji tekan vertical
Bangunan Tahan Gempa Belantai 4
Share
Tweet
Pin
Share
No comments

Pedoman ini dimaksudkan untuk memberikan petunjuk - petunjuk sehingga 
mempermudah pelaksanaan pemasangan komponen Jembatan Gantung Tipe 60 Meter
KLIK SINI 

Share
Tweet
Pin
Share
No comments
Iri hati, atau dalam bahasa inggris dijelaskan dengan kata envy yang dikutip dari http://dictionary.reference.com/browse/envy
“a feeling of discontent or covetousness with regard toanother’s advantages, success,possessions, etc”
Iri hati masih terus menjangkiti kehidupan manusia saat ini. Dosa purba yang terus berlanjut, bergerak dari zaman ke zaman.

Iri hati dapat menghancurkan pemikiran dan nurani manusia itu sendiri. Keinginan lebih dari individu lain. Lebih hebat, lebih kaya, lebih berkuasa, lebih tampan, lebih cantik, lebih beruntung, lebih… lebih… dan lebih… segala-galanya.
Manusia pun lupa akan keberadaannya, bahwa yang dimilikinya tidak abadi dan sesungguhnya bukanlah miliknya.
Dalam hubungan antar manusia yang terjadi setiap harinya, manusia bergerak dengan tujuan masing-masing. Namun ketika melihat keberhasilan orang lain, terkadang individu tidak memiliki kekuatan hati yang cukup bahwa orang lain pun bisa lebih baik darinya. Dan beragam orang yang lebih sukses serta lebih baik dari orang-orang yang sudah dianggap sukses tersebut.
Iri hati. Membuat buram esensi dari kesuksesan itu sendiri. Dalam perspektif tiap individu, masing-masing dapat mempersepsikan kesuksesan dengan kriteria-kriteria yang telah dipelajarinya dari berbagai pengalaman dan pengetahuan yang didapatnya. Tidak sedikit individu menjadi mengukur dirinya dengan ukuran orang lain yang belum tentu sesuai dengan dirinya. Bukannya mengukur kemampuan serta capaiannya dengan tujuan yang dituju.
Iri hati bergerak ke hierarki yang lebih tragis dengan bekembangnya iri hati menjadi keserakahan. Dengan keserakahan, individu seolah-olah menuhankan dirinya. Menganggap dia bisa memiliki segalanya dan sejatinya melupakan siapa sesungguhnya pemilik alam semesta ini..
Iri hati merasuk ke setiap segi kehidupan. Mulai dari rakyat biasa hingga petinggi-petinggi yang haus kekuasaan dan harta. Iri hati yang berkasta-kasta dan memiliki levelnya sendiri-sendiri. Ketika satu level telah terlampaui maka bergerak ke level yang lebih tinggi. Pemimpin yang haus kekuasaan dan merasa level kekusaannya harus sebanding dengan level iri-nya merasa korupsi merupakan hal yang lumrah. Para pekerja yang iri dengan kesuksesan orang lain justru menggunakan segenap trik untuk menyamai kesuksesan yang lainnya, lobi-lobi busuk digencarkan dan naik level ke tingkat iri selanjutnya. Ibu-ibu yang iri dengan ibu-ibu lainnya karena memiliki barang-barang yang baru dibelinya kemudian memaksa suami-suaminya untuk entah bagaimana caranya harus membelikan apa yang dimau. Peserta didik yang iri dengan prestasi temannya, menggunakan segala cara agar nilai seratus didapatnya. Iri hati kronis seperti ini siapakah yang mengajarkan?
Dan semakin individu merasa memiliki segala sesuatu sesungguhnya dia semakin kehilangan dirinya. Kebahagiaan sesungguhnya berangsur-angsur pergi meninggalkannya. Hanya dirinya sendiri. Sendirian. Tesesat dalam labirin kemenangan semu.
Dosa purba yang telah berulang-ulang diceritakan dalam kisah-kisah terdahulu, sejarah kehidupan manusia sejak dahulu. Hendaknya ini menjadi pelajaran bagi yang mau memahami dan menerapkannya dalam kehidupannya.
Saya, Kamu, Mereka, Kita, hendaknya berkaca diri bahwa kita hanyalah hamparan mikro di semesta yang makro. Tuhan Semesta Alam selalu melihat kita. Kembalilah, ingatlah, kita bukan apa-apa. Perbaiki diri sesegera mungkin, .
Semoga menjadi bahan refleksi diri
Share
Tweet
Pin
Share
No comments
Elastomer ialah sejenis polimer yang bersifat kenyal

Proses lain yang sering terjadi pada gabungan reaksi dengan reaksi adisi atau reaksi kondensasi merupakan gabungan/ikatan bersama dari banyak rantai polimer. Hal ini disebut ikatan silang, dan ikatan silang ini memberikan kekuatan tambahan terhadap polimer. Pada tahun 1844, Charles Goodyear telah menemukan bahwa lateks dari pohon karet yang dipanaskan dengan belerang dapat membentuk ikatan silang antara rantai-rantai hidrokarbon di dalam lateks cair. Karet padat yang dibentuk dapat digunakan pada ban dan bola-bola karet. Proses ini disebut vulkanisasi, untuk menghormati dewa Romawi yang bernama Vulkan.
Perhatikan Gambar 10, karet alam merupakan polimer adisi alam yang paling penting. Karet disadap dari pohon karet dalam bentuk suspensi di dalam air yang disebut lateks. Karet alam adalah polimer isoprena.
gbr111

Gambar 10. Karet alam dan karet sintetis. Lateks atau karet alam yang dihasilkan dari pohon karet bersifat lunak/lembek dan lengket bila dipanaskan
Kekuatan rantai dalam elastomer (karet) terbatas, akibat adanya struktur jaringan, tetapi energi kohesi harus rendah untuk memungkinkan peregangan. Contoh elastomer yang banyak digunakan adalah poli (vinil klorida), polimer stirena-butadiena-stirena (SBS) merupakan jenis termoplastik elastomer.
Saat perang dunia II, persediaan karet alam berkurang, industri polimer tumbuh dengan cepat karena ahli kimia telah meneliti untuk pengganti karet. Beberapa pengganti yang berhasil dikembangkan adalah neoprena yang kini digunakan untuk membuat selang/pipa air untuk pompa gas, dan karet stirena – buatdiena (SBR /styrene – butadiene rubber), yang digunakan bersama dengan karet alam untuk membuat ban-ban mobil. Meskipun pengganti – pengganti karet sintesis ini mempunyai banyak sifat­sifat yang diinginkan, namun tidak ada satu pengganti karet sintesis ini yang mempunyai semua sifat-sifat dari karet alam yang dinginkan.
gbr25
Gambar 11 Permen karet mengandung karet stirena-butadiena sintesis

CHEMISTRY.ORG
Share
Tweet
Pin
Share
No comments

Spesifikasi Perletakan Elastomer Jembatan

 SPESIFIKASI PERLETAKAN ELASTOMER JEMBATAN TIPE POLOS DAN TIPE LAMINASI  sudah diperkenalkan oleh BSN sejak tahun 2002 (SNI 03-3967-2002 ), selain itu metode pengujian bantalan karet untuk perletakan elastomer jembatan telah diterbitkan oleh BSN pada tahun 1998 (SNI 03-4801-1998 ). Untuk mempermudah para pihak terkait dalam menggunakan SNI tentang bantalan elastomer untuk perletakan jembatan maka kedua SNI tersebut diatas telah dijadikan satu dan diterbitkan SNI baru yang terbit pada tahun 2008 (SNI 03 - 3967-2008 )

Perletakan Elastomer Jembatan
Perletakan Elastomer Jembatan

Elastomer Jembatan/ Karet Jembatan/ Bantalan Jembatan/ Bantalan Karet Jembatan / Elastomer Bantalan Jembatan / Elastomeric Bearing Pad  biasanya digunakan pada struktur berbentang kecil atau beban tidak terlalu besar, pergeseran adalah sebagai kecil sebagai jembatan kaki atau balok jembatan. dapat digunakan bersama dengan bantalan khusus lainnya, gaya horisontal ditahan oleh bantalan panduan dan gaya vertikal serta pergeseran itu ditahan oleh Elastomer Bantalan Jembatan
Type standart yang sering digunakan

  • Elastomer Bearing Pad/Elastomer Bantalan Jembatan Type 1 (300×350×36 mm)
Elastomer Jembatan Jenis 1



  • Elastomer Bearing Pad /Elastomer Bantalan JembatanType 2 (350×400×39 mm)



Elastomer Jembatan Jenis 2


  • Elastomer Bearing Pad/Elastomer Bantalan Jembatan Type 3 (400×450×45 mm)
Elastomer Jembatan Jenis 3



Hubungi kami untuk spesifikasi,ukuran,dan harga elastomer karet jembatan :

pabrik elastomer karet jembatan

PRODUK - Karet Konstuksi - Gada Bina Usaha 081233069330

rubber bumper gudang / karet bumper loading dock,karet expansion joint / karet dilatasi,karet dapra kapal, karet graving dock ,landasan karet strip jembatan, rubber fender dermaga /karet fender dermaga

dengan segala model bentuk dan ukuran kami dapat memproduksi kebutuhan karet konstruksi  jembatan, dermaga, bangunan di Indonesia.spesifikasi dan kebutuhan dapat hubungi kami :

CV.Gada Bina Usaha – Andreas – Fast Respon WA

https://wa.me/6281233069330

Dengan Workshop Pabrik yang jelas bisa disurvey klik – Peta Workshop Gaada Bina Usaha

Produk rubber fender dermaga, karet elastomer jembatan, karet bumper loading dock, karet dapra kapal, bollard, karet expansion joint web lengkap : https://karetkonstruksi.co.id/


Share
Tweet
Pin
Share
No comments
Newer Posts

Pages

  • Beranda
  • Elastomer Jembatan (Karet Elastomer)
  • Neoprene Bearing Pad
  • Karet Dilatasi (Expantion Joint,Rubber Strip)
  • SNI Elastomer Perletakan Jembatan
  • Kontak Kami

Categories

recent posts

Blog Archive

  • Mei 2025 (1)
  • April 2025 (1)
  • Februari 2025 (2)
  • Januari 2025 (1)
  • Agustus 2024 (1)
  • Mei 2024 (1)
  • Maret 2024 (1)
  • Februari 2024 (1)
  • Januari 2024 (1)
  • November 2023 (1)
  • Oktober 2023 (1)
  • Juli 2023 (1)
  • Juni 2023 (1)
  • April 2023 (1)
  • Februari 2023 (1)
  • Oktober 2022 (1)
  • April 2022 (1)
  • Februari 2022 (1)
  • Mei 2021 (1)
  • April 2021 (1)
  • Januari 2019 (1)
  • Mei 2018 (1)
  • Februari 2015 (1)
  • Juli 2014 (1)
  • Juni 2014 (1)
  • Mei 2014 (2)
  • April 2014 (2)
  • Januari 2014 (1)
  • Juni 2013 (1)
  • Mei 2013 (1)
  • Februari 2013 (1)
  • Januari 2013 (2)
  • Desember 2012 (3)
  • Oktober 2012 (4)
  • September 2012 (1)
  • Agustus 2012 (1)
  • Juli 2012 (2)
  • Juni 2012 (2)
Diberdayakan oleh Blogger.

Produsen Karet Konnstruksi Terpercaya

CALL : 0812-3306-9330 Supplier Expansion Joint Compression Seal Termurah di Sumbawa

Supplier Expansion Joint Compression Seal Termurah di Sumbawa Supplier Expansion Joint Compression Seal Termurah di Sumbawa – Jual Expansi...

Arsip Blog

  • ▼ 2025 (5)
    • ▼ Mei (1)
      • CALL : 0812-3306-9330 Supplier Expansion Joint Com...
    • ► April (1)
    • ► Februari (2)
    • ► Januari (1)
  • ► 2024 (5)
    • ► Agustus (1)
    • ► Mei (1)
    • ► Maret (1)
    • ► Februari (1)
    • ► Januari (1)
  • ► 2023 (6)
    • ► November (1)
    • ► Oktober (1)
    • ► Juli (1)
    • ► Juni (1)
    • ► April (1)
    • ► Februari (1)
  • ► 2022 (3)
    • ► Oktober (1)
    • ► April (1)
    • ► Februari (1)
  • ► 2021 (2)
    • ► Mei (1)
    • ► April (1)
  • ► 2019 (1)
    • ► Januari (1)
  • ► 2018 (1)
    • ► Mei (1)
  • ► 2015 (1)
    • ► Februari (1)
  • ► 2014 (7)
    • ► Juli (1)
    • ► Juni (1)
    • ► Mei (2)
    • ► April (2)
    • ► Januari (1)
  • ► 2013 (5)
    • ► Juni (1)
    • ► Mei (1)
    • ► Februari (1)
    • ► Januari (2)
  • ► 2012 (13)
    • ► Desember (3)
    • ► Oktober (4)
    • ► September (1)
    • ► Agustus (1)
    • ► Juli (2)
    • ► Juni (2)

Karet Elastomer

Karet Elastomer

Elastomer Jembatan Polos dan Laminasi

Elastomer Jembatan Polos dan Laminasi

Labels List Numbered

Popular Posts

  • CALL/WA : 0812-3306-9330 Jual Karet Elastomer Jembatan Payakumbuh
    Jual Karet Elastomer Jembatan Payakumbuh Jual Karet Elastomer Jembatan Payakumbuh – Produsen Elastomer Jembatan Terlengkap dan Termurah di...
  • CALL/WA : 0812-3306-9330 Distributor Karet Dilatasi Gedung di Sulawesi
    Distributor Karet Dilatasi Gedung di Sulawesi Distributor Karet Dilatasi Gedung di Sulawesi – Pemasok Karet Dilatasi Gedung Sulawesi – Jua...
  • CALL/WA : 0812-3306-9330 Expansion Joint Strip Seal Termurah di Bali
    Expansion Joint Strip Seal Termurah di Bali Expansion Joint Strip Seal Termurah di Bali – Pemasok Expansion Joint Strip Seal Termurah Bali...

Halaman

  • Beranda
  • Elastomer Jembatan (Karet Elastomer)
  • Customer Elastomer Jembatan
  • Foto Elastomer Jembatan
  • Kontak Kami
  • Pemasangan Bantalan Elastomer Karet Jembatan
  • Karet Pondasi Gedung
  • SNI Elastomer Perletakan Jembatan
  • Karet Dilatasi (Expantion Joint,Rubber Strip)
  • Neoprene Bearing Pad

Halaman

  • Elastomer Jembatan (Karet Elastomer)
  • Neoprene Bearing Pad
  • Karet Pondasi Gedung
  • Kontak Kami

Kontak Kami

CV.Gada Bina Usaha Asrikaton Indah F6 Gedung GBU Malang - 65154 FAST RESPON https://wa.me/6281233069330

Created with by ThemeXpose